Bismillahirrohmanirrohim, karena kelalaian dan ketidak seriusan kami dalam mengurus blog ini, akhirnya domainnya sudah menjadi milik orang. Silahkan kunjungi www.4learning.net untuk melihat wajah baru kami.
close
Menyediakan:
- Daster
- Busana Muslimah
- Batik
- dll

Lapak Kami:


Lapak Kaskus



Lapak Tokopedia
tokopedia.com/belidaster



Lapak BukaLapak.com
bukalapak.com/hijabmukenagamis


close
Azizah Grosir Solo
www.umiazizah.com





Most Popular

Perbedaan Duplicate dan Clone di Inkscape

Serupa tapi tak sama, sejenak terpintas oleh obyek yang dihasilkan oleh fasilitas Duplicate atau Clone. Meskipun hasilnya sama-sama menduplikasi suatu obyek akan tetapi sudah barang tentu fasilitas Duplicate dan Clone memiliki perbedaan.

Untuk menduplikasi suatu obyek misalnya. Kita bisa menggunakan fasilitas duplicate, yakni dengan cara klik pada obyek, selanjutnya klik kanan dan pilih "Duplicate (Ctrl+D)". Berikut ilustrasinya:
Duplicate Object
Duplicate Object
Ctrl+D maksudnya adalah shortcut untuk Duplicate, jadi untuk menduplikasi obyek kita tidak perlu selalu untuk klik kanan pada obyek tapi langsung menggunakan shortcut (jalan pintas) agar mempercepat pekerjaan kita.

Lantas, bagaimana dengan fasilitas Clone? Hampir sama, yakni dengan klik pada obyek yang ingin di Clone. Silahkan pergi ke tab "edit", kemudian pilih "Clone". Sebagai percobaan silahkan pilih yang "Create Clone (Alt+D)". Sebagai catatan "Alt+D" merupakan shortcut (jalan pintas) penggunaan fasilitas Create Clone.
Clone Object
ilustasi Clone Object
Saat menggunakan kedua fasilitas diatas, yang muncul ialah sama-sama obyek akan terduplikasi dan hasil duplikasinya akan tepat berada diatasnya. Berikut akan coba diulas Perbedaan antara Duplicate dan Clone di Inkscape.

Perbedaannya adalah:
  • Duplicate: Hanya menduplikasi obyek tadi. Ketika obyek pertama di rubah, tidak akan memberikan pengaruh pada obyek hasil duplikasi.
  • Clone: Selain menduplikasi suatu obyek, apabila obyek pertama yang di Clone tadi di rubah (rotasi, warna, diberi filter, dlsb) maka obyek hasil kloningan tadi akan berubah mengikuti obyek pertama (master).
Berikut ilustrasinya:

Pertama, kita buat suatu obyek sama dimana yang satu akan kita duplicate sedangkan satunya lagi akan kita clone.
ilustrasi duplicate and clone 1
ilustrasi duplicate and clone 1
Selanjutnya kita akan coba rubah warna dari obyek pertama (master). Lihat perbedaannya.
duplicate and clone inkscape 2
ilustrasi duplicate and clone 2
Coba kita perbanyak hasil duplicate dan clone, selanjutnya sedikit kita edit dengan merubah merotasi, merubah warna, garis dan lihat perbedaannya.
duplicate and clone inkscape 3
ilustrasi duplicate and clone 3

Bagaimana? sudah cukup jelas bukan?

Memang serupa tapi tak sama, semoga tutorial sederhana tentang Perbedaan antara Duplicate dan Clone di Inkscape. ini bermanfaat bagi teman-teman yang memerlukannya.

Salam,
InfoTutorial.Com
tutorial Office, Grafis, dan Tools bermanfaat lainnya.

Share on Google Plus

About Unknown

Berawal dari seorang tukang ketik yang akhirnya mencintai dunia komputer terutama aplikasi office, grafis, dan tool's bermanfaat lainnya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.